12 Tips untuk Perempuan Single Traveler

Traveling? Pasti mau pergi jika ke tempat yang punya nuansa alam nan eksotis, dan tempatnya instagramable banget. Wow, pasti jadi selebgram. Apalagi di zaman kini para traveler yang menikmati travelingnya dengan gratis. Kalau traveling sendirian, apakah bisa? Perempuan lagi.

Tulisan ini mengupas tentang tips perempuan menjadi single traveler.
  1. Cek Kalender dan Tentukan Tanggalnya. Tahun 2017 ini banyak hari liburnya. Menurut info dari Siaran Pers Nomor: 18/Humas PMK/IV/2016 bahwa jumlah Hari Libur Nasional  dan Cuti Bersama tahun 2017 sebanyak 19 hari, dengan rincian Hari Libur Nasional sebanyak 15 hari, dan cuti bersama sebanyak 4 hari untuk Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah, dan Hari Raya Natal. Kalau mahasiswa bisa mengambil jatah libur semesteran saja. 
  2. Tentukan Lokasi Tujuan. Di zaman instagram kini lebih mudah untuk mencari lokasi. Kamu tinggal search di akun instagram kamu dengan ketik @kabarklaten, @exploreklaten, @jelajahlombok, @wilayahbogor, @exploremalang, @jogjainfo, @jogjaku, @instapurwokerto, @solopunya, @explorebali, @explorebandung, dan masih banyak lainnya di instagram. Kamu bisa menikmati foto-foto di instagram yang super keren, walau mungkin sudah hasil polesan, tapi selayaknya jadi gambaran untuk lokasi tujuan kamu.
  3. Adakah Keluarga atau Teman di Lokasi Tujuan. Kamu sudah menetapkan tanggal dan lokasi tujuan, tinggal mengingat baik-baik apakah disana kamu punya keluarga atau teman, sekalian silaturahim sambil liburan. Beruntunglah jika mempunyai teman dan saudara banyak di pelosok bumi. Kalau ada keluarga atau temen, lumayan untuk menghemat biaya penginapan, dan syukur-syukur biaya makan juga. 
  4. Cek Tiket via Online dan Beli Tiketnya. Program pencarian tiket kini lebih mudah. Tinggal buka HP kamu dan buka aplikasi tiket online.  Jadi, jika rumah kamu jauh dari Stasiun, Bandara, atau Agen tak usah khawatir.
  5. Persiapan Fisik dan Mental. Persiapan fisik ini yang dimaksud itu fisik yang kuat dan sehat. Jangan sampai jika sedang traveling, kamu sakit. Mental juga kuat, apalagi buat para single traveler. Mental yang kuat dalam perjalanan sejak dari rumah, di dalam transportasi, dan di lokasi tujuan. Menurut pengalaman penulis bahwa bahaya yang mengincar para single traveler, seperti: orang-orang tak dikenal, dan saat di dalam kendaraan.  Ingat!!! Jangan pernah menunjukkan muka galau, walau kamu lagi ada masalah dengan orang lain. Kalau perlu, pasang muka datar alias biasa saja.
  6. Hati-hati dengan pemberian Makanan dan Minuman dari Orang Tak dikenal. Biasanya di dalam perjalanan, orang-orang selalu bawa bekal. Kalau di dalam kereta api ekonomi, pasti duduknya berhadap-hadapan. Disaat itu pula, kamu bisa berinteraksi dengan para penumpang lainnya. Tiba-tiba penumpang memberikan makanan dan minuman ke kamu, kamu harus waspada, kalau perlu nolak dengan halus. Tapi aku sering menerima pemberian orang lain. Soalnya, kepincut dengan tahu bakso dan salak pondoh.  Menurut saya jika makanan yang dibawa langsung dari rumah, dan aku percaya gitu. Alhamdulillah selama ini tidak terjadi ada apa-apa. Aku beberapa kali ditraktir oleh orang lain, padahal baru kenal. Ini namanya rezeki anak solehah.
  7. Pastikan Menyimpan Nomor Telepon Penting di Henpon Kamu. No Telepon penting yang wajib ada di HP kamu antara lain: 110 (polisi), 113 (damkar), 118 atau 119 (ambulans), 115 (SAR). Kamu bisa search no telepon penting di lokasi tujuan kamu. Dan tentunya di HP kamu harus ada pulsa juga.
  8. Pastikan Ada Uang Di Rekeningmu dan Bawa Uang Secukupnya. Uang memang menjadi hal sangat penting ketika kamu pergi. Pastikan uang di rekeningmu ada dan bawa uang secukupnya saja. Menyimpan uang sebaiknya menyebar, jangan kumpul jadi satu. Harus ditempat aman dan tidak mudah terdeteksi oleh para pencopet. Siapkan uang receh juga jika ada pengamen atau pengemis. Perlu diwaspadai adalah pengamen. Aku pernah tidak memberikan uang ke mereka, dan mereka marah-marah dan mengancam aku. Uang 5000 berpindah tangan ke preman berwujud pengamen.
  9. Penampilan Sederhana Saat Dalam Perjalanan. Pastikan penampilan kamu itu sederhana dan jangan dandan berlebihan. Tidak usah menunjukkan barang berharga kamu. Ingat!!! Kejahatan terjadi ketika ada kesempatan.
  10. Butuh Skill Beladiri Praktis. Beladiri praktis menjadi hal penting bagi para single traveler. Setidaknya agar kamu bisa menjaga diri dengan baik. Kamu bisa belajar di youtube, liat film laga, atau liat orang latihan beladiri. Tapi, aku sarankan lebih baik belajar dari ahlinya.
  11. Peta Lokasi. Setidaknya kamu paham lokasi yang akan kamu tuju. Kalau tidak, kamu bisa bawa peta atau manfaatkan aplikasi peta di HP kamu. Hal ini agar kamu tahu, dan tidak dibodohi oleh orang lain. Aku selalu memanfaatkan aplikasi peta di HP aku untuk mengetahui lokasi yang aku tuju. 
  12. Sudah Terbiasa Menunggu Pagi di Stasiun. Kereta ekonomi rata-rata tiba di Jakarta tengah malam, dan KRL ke Bogor sudah habis. Aku sudah terbiasa menunggu pagi di stasiun. Dan khusus perempuan yang ke arah Bogor, lebih baik bermalam di Stasiun Jatinegara. Banyak fasilitas yang bisa dinikmati seperti: kamar mandi bersih, mushola, toko modern, tempat isi ulang baterai HP, dan tidak perlu naik turun tangga. Bahkan kalau mau memejamkan mata beberapa menit, bahkan berjam-jam bisa dilakukan. Tetapi waspada jika ada orang-orang yang tidak dikenal dan tidak diundang.
Menjadi perempuan single traveler itu sangat mungkin dan bisa dilakukan oleh kamu yang punya jiwa petualang. Jadi, nikmatilah hidup ini selagi masih muda.

*Tulisan ini pernah saya terbitkan di Kompasiana tanggal 23 Maret 2017
0