Hobi, Passion, dan Komunitas Blogor

Aura bahagia anggota #BLO9OR yang merayakan ulang tahun ke-9 dan mendapatkan banyak hadiah. Sumber: http://www.facebook.com/BogorBlogger

Setiap orang mempunyai hobi masing-masing. Entah itu dunia seni, edukasi, sains, jurnalistik, fotografi, olahraga, dan aktifitas mendukung lainnya. Hobi bisa jadi sekedar kegiatan tak bermakna jika tidak dikembangkan di tempat yang mendukung dengan orang-orang yang satu pemikiran.

Ketika hobi sudah dilakukan, terkadang ada kepuasan tersendiri. Ada juga yang kecewa karena belum tuntas dalam mbienjalankan rutinitas hobi. Kepuasan dan passion merupakan jalan kesuksesan dalam mengembangkan hobi. Jika punya hobi, sebaiknya bergabung dengan orang-orang yang satu pemikiran. Jangan sampai ada orang yang punya hobi memancing, tapi bergabung dengan komunitas sepak bola. Apalagi hobi yang terpendam.

Aku punya hobi menulis di blog, menulis puisi, menulis kalimat demi kalimat motivasi, diskusi online dan offline dengan diaspora dan berbagai kalangan. Entah itu di dunia politik, pendidikan, psikologi manusia, psikologi hewan, dan pertanian. Tentu saja dominasi saya di pertanian, karena sejak tahun 2008 saya menjadi mahasiswa pertanian harus mencintai pertanian. Hobi jurnalistik saya tak bisa dihapus begitu saja karena saya menemukan romantisme jurnalistik di zaman putih abu-abu.

Awalku menemukan #BLO9OR adalah saat mas Unggul Sagena selaku kakak angkatan di IPB membagikan info kegiatan tanggal 17 Februari 2017 di Zest Hotel Bogor. Kegiatan itu merupakan kerjasama kegiatan antara #BLO9OR dengan MatahariMall.com. Ternyata syarat untuk mengikuti kegiatan itu harus menjadi anggota komunitas #BLO9OR yang diketuai oleh mas Unggul Sagena. Langsung saja aku sanggupi tawaran itu. Tanpa kebanyakan mikir apa itu komunitas #BLO9OR.

Kegiatan demi kegiatan aku ikuti. Ternyata #BLO9OR memang komunitas yang mengajarkanku tentang relasi, jurnalistik, mendapatkan uang dengan cara ikut kompetisi, dan pengembangan karakter. Segala macam ekspresi penulis diungkapkan lewat blog. Jadi, tak hanya berkoar-koar apalagi debat kusir dalam setiap media sosial yang pro dan konta dengan pemikiran si penulis online. Meminjam istilah Pramoedya Ananta Toer “Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian” yang jadi prinsip para anggota #BLO9OR agar selalu menulis. Sungguh mengesankan sekali para anggota #BLO9OR yang saya kenal.

30 September 2017 merupakan hari perayaan ulang tahun #BLO9OR ke-9 tahun. Tahun 2008 merupakan tahun dikukuhkannya komunitas #BLO9OR yang kekomandoi oleh mas Hangga Damai Sasmita (2008-2010). Kemudian tampuk kepemimpinan dilanjutkan oleh mas Matahari Timoer (2010-2012), mas Harris Maulana (2012-2014), mas Unggul Sagena (2014-2017), dan mas Hendra Gunawan (2017-sekarang). Isu yang diangkat dalam perayaan ulang tahun #BLO9OR adalah “Digital Life”. Isu ini dikemas sangat menarik dalam sebuah Talkshow yang bertemakan “Digital Personal & Branding Strategy”.

Acara ini merupakan kolaborasi beberapa pihak yaitu @bloggerbogor, @KitaFoodie Culinary Networks, @10Thrones Creative Syndications, dan @CoffeeToffeeIDN Post Shop yang berlokasi di Kantor Pos Cibadak, Jl. Sholeh Iskandar Km.02, Cibadak, Tanah Sareal, Kota Bogor-16166. Nabiel Akkhmad selaku Event & Community Officer PT. Coffee Toffee Indonesia memberikan sambutan hangat kepada segenap hadirin. Semoga semakin banyak kegiatan yang mampu memberikan inspirasi bagi warga Bogor dan Indonesia.

Mas Finka Ermawan selaku Chief Communication Officer dari @goodnoteid dengan antusias mengulik tentang “Improving Digital Softskill” . Menurut mas Finka bahwa ada dua platform yaitu platform digital dan platform mindset+softskill.  Kolaborasi kedua platform ini akan menghasilkan strategi jual diri yang lebih kuat. Ini diperkuat dengan materi yang disampaikan oleh mas Ibrahim Anwar selaku Marketing Coordinator Officer dari @hibrkraft. Menurut mas Anwar bahwa seorang yang ingin sukses menjadi blogger sebaiknya melakukan penampilan yang menarik, percaya diri, pemilihan kata, dan relevan. Sedangkan yang tidak boleh dilakukan adalah nada bicara yang kurang enak didengar, tak relevan, gestur yang buruk, menjadi tukang pos, dan tidak antusias.

Mas Hendra Gunawan selaku Ketua #BLO9OR periode ini dan aktif di Bogor Local Guide antusias sekali dalam mengajak diskusi. Beliau mempunyai harapan agar @bloggerbogor mempunyai transparansi publik, dapat menjalin kerjasama, serta kolaborasi aktif dengan berbagai pihak sebagai mitra, terutama #KawanKomunitas lain dalam berbagai kegiatan positif. Semua itu bertujuan agar dapat memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat Indonesia umumnya, dan warga Bogor khususnya.


Selamat bertambah usia untuk #BLO9OR yang ke-9 tahun. Semoga ruh perjuanganmu dalam menajamkan tulisan di media digital tetap membara di hati para blogger bogor dimanapun berada. Pepatah lama mengatakan bahwa ketika mulutmu dibungkam, maka tajamkan dengan pena. Di zaman digital ini diganti menjadi ketika aspirasimu dibungkam, maka tajamkan tulisan di media digital dengan perkuat tagline. Selamat berkarya untuk menginspirasi seluruh penjuru bumi.
0